Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Miris! Ini kemungkinan yang akan terjadi apabila kamu salah jurusan

 Menjadi seorang mahasiswa bukanlah hal yang mudah. Banyak sekali perbedaan yang akan kamu temui ketika memasuki jenjang ini. Kamu dituntut untuk hidup mandiri dan mampu mengatur uang dan waktu kamu. Kamu juga dituntut untuk berinteraksi dengan orang lain, karena mungkin saja orang tua dan keluarga jauh jaraknya.

Banyak sekali muncul stigma pada orang-orang bahwa perkuliahan lebih sederhana daripada SMA ataupun SMK karena sudah terfokus pada satu jurusan. Stigma tersebut tidak sepenuhnya salah. Dunia perkuliahan memang terfokus pada satu jurusan, namun tidak sederhana seperti yang dipikirkan karena ilmu yang dibahas sangatlah terperinci hingga sampai ke akar-akarnya yang membuat banyak orang merasa kewalahan. Berbagai teori baru yang belum terdengar selama bersekolah muncul dalam perpaduan yang rumit.


dampak salah memilih jurusan
Dampak Salah Jurusan

Menurut penelitian banyak mahasiswa yang telah menggeluti perkuliahan merasa dirinya salah jurusan, bahkan ada yang merasakan hal tersebut di semester akhir. Seberapa berpengaruhkah jurusan perkuliahan terhadap aktivitas di kampus?

Rasa nyaman ketika melakukan studi dikampus akan terasa apabila memilih jurusan yang tepat, jika tidak maka kemungkinan dampak salah jurusan akan berpengaruh besar pada aktivitas dan niat mereka dalam melakukan studinya. Memilih jurusan yang tepat memainkan peran penting dalam menentukan karir ataupun pekerjaan. Dampak salah memilih jurusan akan membuat mahasiswa tertekan dan menimbulkan keengganan dalam melakukan kuliah.

Baca juga: Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Sesuai dengan Passion Kamu!

Berikut ini adalah dampak salah jurusan yang biasanya dialami oleh mahasiswa yang bersangkutan. Mari kita simak!

1) Dampak Salah Jurusan : Rendahnya Indeks Prestasi


Pemilihan jurusan yang tepat meningkatkan kesiapan mereka dalam melakukan studi. Terhubungnya mental dan minat yang sejalan akan meningkatkan prestasi dan kualitas dari pembelajaran. Sebaliknya, dampak salah jurusan kamu akan merasa tidak nyaman dengan perkuliahanmu yang berdampak pada kegiatan di perkuliahan terutama penurunan Indeks Prestasi.

2) Dampak Salah Jurusan : Terpendamnya Potensi Diri untuk Berkembang


Potensi diri biasanya berhubungan dengan minat dan bakat. Salah jurusan kuliah akan mengakibatkan terpendamnya potensi diri. Hal ini disebabkan karena kurangnya motivasi untuk belajar dan mengikuti perkuliahan yang berdampak pada terbuangnya waktu dalam membuka potensi diri.

3) Dampak Salah Jurusan : Kesulitan dalam Belajar


Tidak dapat dipungkiri, bahwa salah jurusan sangat berdampak besar pada sisi pemahaman. Ketika kamu tidak menyukai sesuatu hal, maka secara spontan mungkin kamu ingin menghindarinya. Hal tersebut mengakibatkan penolakan dalam diri sendiri sehingga ingin rasanya untuk mengganti jurusannya.

4) Dampak Salah Jurusan : Kurangnya Kemampuan untuk Berprestasi


Pemilihan jurusan yang salah akan mengakibatkan rendahnya kontribusi dan partisipasi dalam kegiatan perkuliahan, yang mengakibatkan timbulnya penolakan diri terhadap segala kegiatan. Kecenderungan ini mengakibatkan kurangnya kemampuan untuk berprestasi karena selalu memikirkan cara untuk keluar dan mengambil jalan yang berbeda.

Baca juga: Jangan Khawatir Salah Jurusan! Jalani dengan Prestasi


5) Dampak Salah Jurusan: Kemampuan dan Gelar Tidak Sesuai


Banyak mereka yang salah jurusan tetap memantapkan hatinya dan mencoba untuk bertahan sampai mereka lulus. Namun, pemaksaan terhadap hal tersebut sering menjadi penyebab tidak sesuainya kemampuan dan gelar. Orang yang suka beropini ketika dipaksa untuk berdiam diri dengan segudang personal yang berkaitan dengan rumus, mungkin saja akan tetap selesai namun tidak sesuai dengan waktu dan jawaban yang diharapkan.

6) Dampak Salah Jurusan : Kurang Percaya Diri


Percaya diri merupakan hal fundamental yang harus dimiliki manusia untuk sukses. Sukses tidak hanya berbicara mengenai masa setelah studi, tetapi juga sukses dalam mengikuti pelajaran. Ketidakmampuan dan ketidaknyamanannya atas jurusan yang dipilih akan mengakibatkan kurangnya rasa percaya diri yang berakibat pada sulitnya ketika orang tersebut melakukan wawancara untuk melamar pekerjaan.
Baca juga: Cara mengatasi rasa gugup dan canggung saat presentasi, wawancara, dan perkenalan diri

 

7) Dampak Salah Jurusan : Kurangnya Esensi Pendidikan yang Diperoleh


Dampak yang sangat terlihat ketika salah jurusan adalah tidak sepenuhnya memperoleh esensi dari pembelajaran yang dilakoninya. Pengetahuan adalah esensi dari pendidikan. Gelar yang diperoleh tidak sesuai dengan pengetahuan yang dimiliki.

Itulah beberapa hal yang mungkin akan terjadi apabila kamu salah jurusan. Meskipun dapat dipertahankan, faktanya salah jurusan ini tetap memberikan dampak. Sebagian tak terlihat dan sebagian lainnya terlihat mencolok. Namun, itu semua bergantung kepada diri masing-masing. Jadi, pilihlah jurusan yang cocok denganmu dan cocok dengan pekerjaan yang ingin kamu peroleh dimasa yang akan datang.

Baca juga: Lengkap! Rekomendasi Jurusan Kuliah dari Mata Pelajaran yang Disukai

Post a Comment for "Miris! Ini kemungkinan yang akan terjadi apabila kamu salah jurusan"