Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Sesuai dengan Passion Kamu!

Istilah salah jurusan kerap sekali terdengar dikalangan mahasiswa. Cukup banyak mahasiswa yang mengundurkan diri dari kampus karena tidak sesuai dengan minatnya. Efek dari salah jurusan sendiri apabila dipertahankan hanya akan menimbulkan beban pikiran. Namun apabila menyerah pastinya kerugian besar dari waktu dan biaya yang terbuang sia-sia.

Baca juga: Miris! Ini kemungkinan yang akan terjadi apabila kamu salah jurusan

Jurusan yang kamu pilih menentukan pelajaran apa yang akan kamu pelajari, gelar yang akan kamu dapatkan, dan prospek kerja yang kamu bisa ambil dikemudian hari.


Oleh karena itu, artikel Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Sesuai dengan Passion Kamu! sangat cocok untuk kamu yang ingin masuk dalam dunia perkuliahan ataupun kamu yang merasakan salah jurusan sehingga mendapatkan jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat kamu.

Kira-kira apa saja itu? Mari kita simak. 

  1. Membuat List Mata Pelajaran Favorit, Jurusan Mata Kuliah yang Sesuai dan Prospek Kerjanya

Langkah ini sangat menjadi dasar bagi kamu yang ingin mendapatkan jurusan yang sesuai dengan passion yang kamu punya. Kamu dapat mencari informasi jurusan yang sesuai dengan mata pelajaran yang kamu minati dan prospek kerja yang akan kamu dapatkan dari internet. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Tulis Mata Pelajaran yang Kamu Minati


Langkah ini merupakan langkah awal dalam menentukan jurusan kemana kamu akan bergerak. Tulislah mata pelajaran yang sangat kamu minati, misalnya Biologi, Matematika, Komputer, Ekonomi, Sosiologi dll.

Cari Jurusan yang Sesuai dengan Mata Pelajaran yang Kamu Minati


Langkah ini merupakan langkah mencari data dari website, literatur, ataupun buku. Carilah informasi mengenai jurusan yang sesuai dengan pelajaran yang kamu minati. Misalnya, kamu menyukai pelajaran Fisika dan Matematika, Teknik mungkin bisa menjadi pilihan bagi kamu.

Baca juga : Lengkap! Rekomendasi Jurusan Kuliah dari Mata Pelajaran yang Disukai
 

Kaitkan Jurusan dengan Prospek Kerja Masa Depan


Mungkin hal ini juga harus kamu lakukan. Dalam semester awal, mungkin ini tidak akan kamu rasakan. Namun, di semester akhir banyak mahasiswa yang mengalami dilema ini. Meskipun berada dalam jurusan yang sesuai, namun terkadang lapangan pekerjaan bisa saja sangat jarang untuk ditemukan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempersiapkan sedari awal. 

Baca juga: Wajib Kamu Tahu! Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja yang Luas


2. Selaraskan Jurusan dengan Bakat Kamu


Bakat merupakan kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk menguasai suatu hal yang lebih baik dari orang lain. Dengan bakatnya seseorang dapat melakukan sesuatu lebih cepat dan lebih bagus.

Pengambilan jurusan juga bisa didasarkan pada bakat yang kamu miliki. Apabila kamu mempunyai bakat dalam bernyanyi atau memainkan alat musik, mungkin jurusan Seni Musik adalah jurusan yang tepat. Apabila kamu suka dalam merancang alat elektronik mungkin Teknik Elektro atau Teknik Elektronika adalah pilihan yang bagus. Apabila kamu suka menggambar, Arsitektur dan Teknik Sipil mungkin adalah rekomendasi yang tepat.

Dengan bakat yang kamu miliki tentunya dapat memberikan kemudahan tersendiri dalam menguasai setiap pelajaran yang berlangsung karena sudah menjadi hobi dan kebiasaan sehari-hari.


3. Jangan Terlalu Memaksakan Keinginan Orang Tua


Orang Tua pasti sangat ingin melihat anaknya sukses. Namun, tak jarang orang tua yang memaksakan kehendaknya terhadap jurusan yang akan diambil oleh anaknya. Tidak salah memang, namun anak juga mempunyai batasan kemampuan atas suatu hal. Pemaksaan ini biasanya akan berakibat buruk di kemudian hari.

Kamu mungkin akan mengikuti keinginan orang tua demi menyenangkan hati mereka. Hal itu mungkin baik, namun kamu mungkin akan kehilangan hal yang bisa kamu eksplor sehingga bisa membuat kamu sukses sesuai dengan hal yang kamu harapkan.

Jadi, bujuklah orang tua dengan lembut. Cobalah untuk membuat mereka mengerti tentang jurusan yang ingin kamu ambil disertai dengan hal yang bisa kamu lakukan untuk menunjang kesuksesan dan kebahagiaanmu dikemudian hari. Karena kesuksesan tidak bergantung pada satu jurusan.


4. Berkonsultasi dengan Orang yang Tepat


Hal ini juga bisa kamu lakukan untuk memantapkan pilihan jurusan yang sesuai denganmu. Kamu bisa bertanya kepada abang atau kakak yang telah berkuliah di jurusan yang bersangkutan, atau kepada orang-orang yang memiliki pengalaman. Selain itu kamu mungkin bisa bertanya langsung kepada alumni dari jurusan yang ingin kamu pilih, apa pekerjaan mereka, bagaimana mereka memperoleh pekerjaan, gaji yang diperoleh, dan sebagainya.

Dengan cara ini mungkin kamu akan mendapatkan hal yang lebih berguna dibandingkan dengan mencarinya di internet. Kamu akan  mendapatkan seputar pengalaman pembicara sehingga dapat membuka pikiranmu untuk menetap atau mengalihkan pilihan jurusan.


5. Sesuaikan Jurusan dengan Passing Grade


Pada tahun 2019-2020 mungkin jalur tes kedalam perguruan tinggi menggunakan sistem UTBK, dimana nilai ujian yang diperoleh menentukan kelulusan. Tak jarang banyak sekali perkiraan rata-rata UTBK dari setiap perguruan tinggi muncul baik dari lembaga maupun bimbingan belajar.

Hal ini bisa kamu gunakan dalam mengukur kemampuan kamu. Pilihlah jurusan dan perguruan tinggi yang masih mungkin kamu raih. Jangan terlalu memaksakan keinginan untuk masuk ke perguruan tinggi bergengsi.



6. Sesuaikan pilihan dengan kondisi keuangan


Mungkin ini tidak terlalu mempunyai efek besar apabila kamu berasal dari keluarga yang mapan. Namun, hal ini juga menjadi penting sebelum kamu memilih pilihan jurusan kuliah kamu. Hal yang harus kamu lakukan adalah mencari informasi mengenai biaya kuliah yang dihabiskan dalam satu semester. Kamu juga harus membuat perkiraan keuangan yang kamu butuhkan untuk hidup tiap bulannya.

Beberapa jurusan mungkin membutuhkan biaya yang cukup besar, Kedokteran misalnya. Oleh karena itu, hal ini juga harus kamu perhatikan secara mendalam karena mungkin akan mempersulit kamu di kemudian hari


7. Cari Informasi Mengenai Sebaran Beasiswa dari Kampus


Bagi kamu yang ingin meringankan beban orang tua, mungkin hal ini bisa menjadi pilihan buat kamu. Sangat banyak beasiswa yang tersebar untuk anak Indonesia, baik dari pemerintah maupun dari swasta. Namun, tidak semua perguruan tinggi yang mempunyai langganan dalam memperoleh beasiswa.

Salah satu beasiswa yang mungkin bisa kamu coba adalah Beasiswa Bidikmisi yang mungkin saat ini dikenal dengan KIP-Kuliah. Kamu akan memperoleh pembebasan uang kuliah dan juga uang yang disetor tiap semester. Namun, KIP Kuliah sendiri diprioritaskan untuk masyarakat yang mempunyai ekonomi lemah.
Baca juga: Daftar Beasiswa Dalam Negeri yang Menjadi Rebutan Mahasiswa

Demikian artikel mengenai  Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Sesuai dengan Passion Kamu! Silahkan share ke teman-temanmu untuk berbagi.

0 komentar

Posting Komentar