Prospek Kerja Lulusan Teknik Elektro dan Rata-rata Gaji yang Diterima

Teknik Elektro merupakan salah satu cabang ilmu yang mempelajari tentang listrik dan pemanfaatannya terhadap kehidupan, manusia khususnya. Teknik Elektro menjadi salah satu jurusan yang mempunyai prospek kerja yang luas. Selain itu, beberapa pekerjaan ini tergolong mempunyai gaji yang sangat besar.

Wajib Kamu Tahu! Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja yang Luas

Menghadapi situasi yang semakin mengendapankan kemampuan mesin dan teknologi, Teknik Elektro digadang-gadang menjadi salah satu jurusan yang selaras dengan hal tersebut. Menghadapi situasi era Industri 4.0, pemanfaatan internet sangat berarti besar dalam kehidupan manusia. Pengembangan IoT (Internet of Things) semakin mempengaruhi pola pikir manusia.

Apa itu IoT? Contoh sederhana IoT yang Mudah di Buat

Berikut ini adalah artikel mengenai Prospek Kerja Lulusan Teknik Elektro dan Rata-Rata Gaji yang Diterima yang merupakan hasil rangkuman dari beberapa sumber.


1. Menjadi Seorang Pengajar


Apabila kamu mempunyai kemampuan dalam mengajar, mungkin menjadi seorang guru atau dosen adalah pekerjaan yang tepat. Apabila kamu lulusan S-1 Teknik Elektro, menjadi guru SMK mungkin menjadi rekomendasi buatmu. Berikut ini adalah jurusan SMK yang membutuhkan pengajar lulusan Teknik Elektro, diantaranya:
  • Teknik Ketenagalistrikan
  • Teknologi Pesawat Udara
  • Teknik Instrumentasi Industri
  • Teknik Perkapalan
  • Teknik Elektronika
Apabila kamu adalah orang yang ingin memiliki gelar yang tinggi dan telah menempuh minimal S-2, profesi Dosen adalah pilihan yang tepat. Kamu bisa menjadi dosen di jurusan Teknik Elektro ataupun jurusan lain yang masih berkaitan dengan kelistrikan.

Rata-rata gaji menjadi seorang guru berada pada kisaran 3-8 juta perbulannya, bergantung pada UMP dari masing-masing daerah. Untuk profesi dosen, rata-rata gajinya menyentuh minimal angka 7 juta per bulan. Oleh karena itu, menjadi seorang pengajar adalah pekerjaan yang harus kamu coba.


2. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) 


Bekerja di BUMN mungkin akan menjadi hal yang kamu idamkan. Hal itu sejalan dengan gaji yang akan kamu terima ketika bekerja disalah satu perusahaannya. Oleh karena itu, para pekerja BUMN dikatakan cukup sejahtera. Nah, kira-kira berapakah besaran dari gaji ketika bekerja di BUMN? Mari kita simak.

1. PT Pembangkit Listrik Negara (PT PLN) 


Mahasiswa Teknik Elektro mungkin sangat mengidam-idamkan menjadi salah satu bagian dari PT PLN. Selain karena memiliki konsentrasi dibidang listrik, salah satu alasan mahasiswa Teknik Elektro berharap bekerja di PLN karena gaji yang cukup besar. Bagaimana tidak, perusahaan listrik ini memberikan gaji yang tergolong besar. Bahkan untuk fresh graduate digaji hingga Rp. 6-7 juta rupiah per bulannya.


2. PT Pertamina


Pertamina adalah bagian dari BUMN yang bergerak dalam pertambangan minyak dan gas bumi. Perminyakan dipercaya menjadi sektor yang mempunyai gaji tertinggi di dunia. Pertamina juga memberikan gaji yang lumayan besar, untuk para staffnya saja, Pertamina memberikan gaji Rp. 4-7 juta per bulannya.

Sementara itu, apabila kamu telah menduduki posisi sebagai supervisor pengeboran, kamu akan mendapatkan gaji yang cukup fantastis yaitu hingga Rp. 55 juta perbulannya. Selain gaji diatas, tentunya kamu akan memperoleh kendaraan dinas dan dana pensiun.


3. PT Pegadaian Persero


Salah satu BUMN yang bergerak dibidang keuangan. Pegadaian Persero juga wajib kamu masukkan dalam list BUMN yang mempunyai pendapatan yang cukup besar. Rata-rata gaji yang diterima oleh para pekerjanya berkisar antara Rp. 6-8 juta perbulannya. Bagi kamu para fresh graduate, kamu bisa mengantongi gaji Rp. 5-6 juta perbulannya.


4. PT Kereta Api Indonesia


Menjadi salah satu BUMN yang mempunyai gaji yang besar, PT KAI wajib kamu coba. BUMN yang bergerak dibidang moda transportasi kereta api ini memberikan gaji Rp. 6-7 juta perbulannya. Selain itu, ada beberapa tunjangan yang akan kamu peroleh, diantaranya: tunjangan anak istri 10 % gaji pokok maksimal 3 orang, uang emolemen yang untuk lulusan SMA sebesar Rp.200 ribu /bln sedangkan lulusan S1 sebesar Rp.600 ribu/bln, uang perjalanan dinas paling sedikit Rp.375 ribu/bln, tunjangan resiko Masinis sekitar Rp.1 juta/bln,tunjangan kebugaran polsuska kurang lebih Rp.1 juta, hingga tunjangan rumah dan rekreasi.


5. PT Pelabuhan Indonesia


PT Pelabuhan Indonesia (PELINDO) adalah sebuah BUMN yang bergerak dibidang pelabuhan di Indonesia. Untuk kamu yang ingin bekerja di salah satu BUMN, maka PT Pelindo harus kamu masukkan kedalam list. Dengan gaji yang besar, PELINDO memberikan gaji mencapai Rp. 11 juta perbulannya untuk kamu yang lulusan S-1.


3. Bekerja di Sektor Swasta


Bekerja di sektor swasta juga bisa menjadi pilihan kamu. Karena tak jarang, sektor swasta memberikan gaji yang cukup fantastis bahkan cenderung lebih besar dari BUMN ataupun PNS. Dibidang Telekomunikasi, beberapa perusahaan yang bisa kamu coba diantaranya: TELKOMSEL, INDOSAT, ERICSSON, XL AXIATA, SMARTFREN TELECOM, dan lainnya.

Selain itu, di sektor perminyakan dan pertambangan beberapa perusahaan yang memiliki gaji yang bisa dibilang sangat besar yang bahkan melebihi gaji BUMN. Mereka adalah EXXON MOBIL INDONESIA, Schlumberger, Conoco Phillips InIndonesiadan Chevron Indonesia.


4. Menjadi Seorang Wirausahawan


Dengan ilmu yang kamu peroleh dari Teknik Elektro, menjadi seorang wirausahawan tentu adalah jalan yang tidak terlalu sulit. Kamu bisa menjadi suplier peralatan elektronik, distributor, ataupun bisa menjadi produktor. Tentu sangat banyak hal yang bisa kamu jadikan sebagai bisnis berbekal ilmu yang kamu pelajari selama menempuh pendidikan Teknik Elektro.

Untuk masalah gaji, bergantung pada manajemen dan kelancaran usaha kamu. Hampir semua milyuner bergerak dalam bidang ini. Oleh karena itu, menjadi seorang usaha juga merupakan pilihan yang bagus, terutama untuk kamu yang berani mencoba hal baru dan mempunyai semangat kerja keras dan pantang menyerah.



Itulah artikel mengenai Prospek Kerja Lulusan Teknik Elektro dan Rata-Rata Gaji yang Diterima . Apabila bermanfaat silahkan share ke teman-temanmu untuk berbagi kebermanfaatannya.

0 komentar

Posting Komentar