Cara Mudah Mengkonversi Bilangan Desimal ke Biner, Bilangan Bulat dan Pecahan

 Bilangan desimal adalah bilangan yang mempunyai basis 10. Bilangan desimal merupakan bilangan yang digunakan oleh manusia dalam perhitungan yang dinotasikan oleh sepuluh bilangan berbeda yaitu 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, dan 9.

Baca juga : Apa itu Sistem Bilangan Desimal, Biner, Oktal, dan Heksadesimal? Ringkas dan Mudah

Selain itu ada beberapa sistem bilangan yang digunakan dalam sistem digital yaitu bilangan biner. Bilangan ini mempunyai dua keadaan yaitu 0 dan 1. Dalam dunia elektronik, ada beberapa perangkat yang dapat diprogram. Perangkat tersebut menggunakan sistem bilangan heksadesimal dan oktal. Oleh karena itu, semua sistem bilangan diatas harus kamu ketahui ketika berada di jurusan yang berkaitan dengan Elektronika dan Komputer.

Cara Mudah Mengkonversi Bilangan Desimal ke Biner

Konversi bilangan desimal ke biner


Ada beberapa cara untuk mengkonversi bilangan desimal ke biner, diantaranya yaitu menggunakan cara manual dengan membagi setiap bilangan dengan basis atau radix 2 secara berurutan, ataupun dengan menggunakan mesin konversi yang tersedia dalam web ataupun pemrograman, python misalnya.

1. Mengubah dan Mengkonversi Bilangan Desimal ke Bilangan Biner dengan radix 2


Cara ini adalah cara yang umumnya digunakan ketika kamu mempelajari teknik digital ataupun sistem digital. Langkah ini mengubah bilangan desimal ke bilangan biner dengan membagi bilangan desimal dengan bilangan 2 secara berurutan sehingga hanya menghasilkan bilangan terkecil 0 ataupun 1.

Berikut ini adalah contoh pengubahan ataupun konversi dari bilangan desimal 100 ataupun biasa disimbolkan dengan (100)10 menjadi bilangan biner.


Langkah:
  1. Bagi bilangan desimal 100 dengan bilangan 2 hingga menghasilkan sisa 0.
  2. Untuk bilangan ganjil yang dibagi 2 akan menghasilkan sisa 1. Misalnya, 25:2 yang hasilnya 12 dan bersisa 1.
  3. Ketika nilai mencapai nilai terkecil yang bernilai 0 dan memiliki sisa 0 maka perhitungan telah selesai dilakukan.
  4. Tulislah bilangan sisa yang dimulai dari bawah ke atas apabila langkah tiga terpenuhi.
Dari langkah diatas dihasilkan konversi bilangan desimal 100 kebilangan biner yaitu (01100100)2 .

Baca juga : Download Kumpulan Ebook Teknik Digital dan Sistem Digital Terbaik dan Terbaru

2. Konversi Pecahan ke Bilangan Biner


Untuk mengkonversi bilangan pecahan ke bilangan biner dapat dilakukan dengan memecah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal. Sebagai contoh bilangan pecahan 100 1/4 dapat diubah menjadi 100,25.

Untuk mengubah bilangan ini dapat dilakukan dengan membagi 2 bilangan bulat secara terus menerus, dan mengkali 2 secara terus menerus sehingga dihasilkan bilangan desimal dan sisa bernilai 0.

Langkah:
  1. Pisahkan bilangan bulat dengan bilangan pecahannya.
100 1/4 dapat diubah menjadi 100,25.
100,25 dapat dipisah menjadi 100 + 0,25.

 

 2. 100 dapat diubah menjadi bilangan biner sesuai dengan contoh pada Mengubah dan Mengkonversi Bilangan Desimal ke Bilangan Biner dengan radix 2 diatas. Sehingga 100 desimal memiliki bilangan biner (01100100)2.

 3. Untuk nilai yang letaknya di belakang koma dapat dilakukan dengan mengkali bilangan tersebut sehingga hasil akhirnya bernilai 0.

 4. Setiap hasil kali yang mencapai nilai lebih besar sama dengan 1 akan dikurangi nilainya sebesar 1 dan sisanya akan dikalikan dengan bilangan 2 sampai bernilai 0,0.


 5. Untuk mengubah bilangan tersebut menjadi bilangan biner, maka setiap bilangan bulatnya diambil dari posisi atas ke bawah, sehingga dihasilkan biner 0.010.

Sehingga hasil dari (100,25)10 adalah (01100100.010)2

Ketika mengubah nilai bilangan bulat menjadi biner maka nilainya diambil dari bawah ke atas. Sedangkan untuk mengubah nilai pecahan ke biner diambil dari atas ke bawah!!


3. Menggunakan Aplikasi Konversi Desimal ke Biner


Cara ini adalah cara untuk mempermudah kamu dalam mengkonversi bilangan desimal ke biner yaitu dengan menggunakan aplikasi. Di Playstore ada banyak sekali aplikasi pengkonversi ini diantaranya:

  • Konversi Bilangan
  • Hex, Dec, Oct, Bin(Dev Calc)
  • Biner Kalkulator, Konverter & Penerjemah
  • Base Converter & Calculator
  • Converter

4. Menggunakan Website Konversi Desimal ke Biner


Apabila kamu tidak ingin menginstal aplikasi konversi desimal ke biner, cara lain adalah dengan menginput nilai desimal pada beberapa website converter desimal ke biner. Ada beberapa website yang bisa kamu coba, diantaranya:
Jadi itulah beberapa cara mengkonversi bilangan desimal ke bilangan biner. Apabila bermanfaat silahkan share ke teman-temanmu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Scroll to Top